[TIPS & TRICK] Kamus istilah-istilah Xiaomi Yi Camera + Trouble shooting nya

[TIPS & TRICK] Kamus istilah-istilah Xiaomi Yi Camera + Trouble shooting nya
Di Doc ini silahkan di tulis istilah-istilah maupun bahasa yang sering digunakan di Grup ini... silahkan di edit oleh siapapun asal dibuat dengan rapih.. Terima kasih.

General Terms
  • Yi Camera : Action Cam yang saat ini kita pakai
  • Firmware : Software yang dipasang didalam KAMERA Xiaomi Yi kita. (OS nya xiaomi Yi)
  • Apk :File mentahan untuk menginstall aplikasi KHUSUS DI ANDROID (Cth: aplikasi yi cam di android kita dll)
  • Script : Modifikasi firmware agar settingan bawaan firmware bisa dibypass (settingan seperti iso, shutter speed, saturation)
  • MicroSD Class 1/2/3/.../Class 10 sering juga disebut UHS1 : Alat penyimpanan foto di kamera yi dan atau diperangkat gadget lainnya. untuk class nya adalah kecepatan suatu microSD menulis dan membaca data yang ada didalam nya, makin tinggi class makin tinggi kecepatan tulis & baca. WARNING NOTE: Disarankan untuk Yi menggunakan CLASS 10 atau keatas untuk hasil yg optimal.
  • Milky Way : Bimasakti adalah.... yah bimasakti, pokoknya kalo kita lihat ke langit siang malam (normalnya malam, kalo ente liat siang pasti gabisa liat bintang, cuma biru) itu adalah bimasakti.. CMIIW (pemikiran sendiri)
  • USB OTG : Singkatan dari USB On The Go Benda kecil ini sangat membantu untuk transfer foto dari yi ke HP (dibanding menggunakan wfi) atau komputer anda. Caranya tinggal cabut MicroSD di Yi anda, lalu masukan ke usb OTG... buat yang gak tau kaya gimana, bisa cek tautan berikut. Sumber : http://www.strontium.biz/sites/default/files/imagecache/product_full/64GB-NITRO-microSD-with-OTG-Card-Reader.jpg
  • WP (WaterProof Case) : Casing anti air untuk Yi, ada yg 40M ada yg 60M... tinggal cek sesuai kebutuhan saja.
  • Boober : Pelampung buat Yi kalo maen di kolam atau laut. bukan kelapa yang gelayutan di pantai ya gan!!!
  • Tongsis : Monopod alias Tongsis, alat bantu semacam tongkat buat membantu kalo mau Selfie atau narsis.
  • Bully : Kondisi dimana seseorang yang mengepost atau melontarkan suatu pertanyaan yang dianggap oleh orang banyak tidak penting atau sudah berulang-ulang. Sehingga mengakibatkan orang tersebut menerima sindiran / hinaan / caci makian, biasanya disebabkan karna MALAS MEMBACA dan atau TIDAK MAU MEMBACA PINNED POST dan atau peraturan grup. Perbaikan : TOLONG DENGAN SANGAT MEMBACA PINNED POST sebelum melontarkan pertanyaan.
  • Newbie : Kondisi dimana seseorang menganggap dirinya masih amatir dan atau belum pengalaman. Sehingga menggunakan istilah ini untuk dijadikan alasan meminta bantuan kepada orang lain, yang jelas BIASANYA sudah ada solusinya dan ditulis di dokumen. CILAKANYA orang tersebut tidak mau belajar mandiri, alias harus dimandiin, dan hanya bergantung pada jawaban teman-teman dimari, LEBIH CILAKANYA lagi selalu up-up pertanyaan seolah-olah kita disini itu Customer Service. Perbaikan : TOLONG DENGAN SANGAT MEMBACA PINNED POST sebelum melontarkan pertanyaan. Kita semua disini beli camera juga tidak tau apa-apa, hanya modal RASA PENASARAN dan ACTION.
  • Photography Terms (Istilah-istilah fotografy)
  • Selfie / Wefie : Suatu perilaku dimana kita suka banget foto diri sendiri atau dengan teman-teman, entah sekedar iseng, hobby, atau memang narsis.
  • ISO : BUKAN Singkatan dari International Standard Organization iso disini merupakan pengaturan tingkat kejelasan warna / detail saat memfoto.. jika iso semakin tinggi, maka noise atau gangguan hasil seperti bintik-bintik semut akan nampak di hasil foto.
  • Saturation : Tingkat kecerahan gabungan warna RGB (Red Green Blue) biasa digunakan untuk mengedit foto agar warna yang dihasilkan sesuai dengan selera teman-teman.
  • Shutter Speed : Secara definisi, shutter speed adalah rentang waktu saat shutter di kamera anda terbuka. Secara lebih mudah, shutter speed berarti waktu dimana sensor kita �melihat� subyek yang akan kita foto. Gampangnya shutter speed adalah waktu antara kita memencet tombol shutter di kamera sampai tombol ini kembali ke posisi semula. agar lebih jelas silahkan klik tautan berikut. untuk contoh di yi ini kalo misalkan script diisi dengan 7.9S, maka sensor kamera akan tetap terbuka selama 7.9 detik, jadi cahaya yg masuk lebih banyak, sehingga foto lebih terang, disisi lain karna bukaan yg lama, jika objek foto bergerak maka foto akan menjadi kabur atau yg sering disebut BLUR. Sumber : http://belfot.com/memahami-shutter-speed/
  • NTSC & PAL: NTSC : Merupakan kepanjangan dari National Television System Committee NTSC adalah format standard yg bnyk digunakan di Amerika Utara dan kebanyakan Amerika Selatan. PAL merupakan kepanjangan dari Phase Alternating Line. dimana PAL adalah format standard yg bnyk digunakan di luar eropa. untuk mengetahui lebih lanjut klik tautan berikut. Sumber: https://jupriyadi.wordpress.com/2011/12/01/perbedaan-format-ntsc-dengan-pal/
  • Live Preview : Melihat apa yang disorot oleh yi kita di HP atau komputer. harus menggunakan aplikasi yi camera atau program komputer. dan pastikan kondisi Yi anda ON dengan WIFI ON
  • Mode Burst di Yi : Settingan agar jika kita menekan tombol shutter terus menerus, Yi kita terus mengambil foto dengan dengan settingan yg kita pilih, cocok untuk penggunaan di outdoor ketika banyak cahaya alias terang, jadi kalo mau foto loncat yang bagus, gunakan mode ini yah!
  • Mode Time Lapse di Yi : Teknik fotografi yang menggabungkan beberapa ratus gambar yang difoto dengan jeda yang konstan kemudian dijadikan video, sehingga terlihat seperti video yang dipercepat, padahal mah hanya foto yang digabung"kan dan dijadikan video :P
  • Mode Sight di Yi: Mode yg mengijinkan kita untuk mengambil video dalam jangka waktu 10 detik, alias bikin video 10 detikan coyyy.
  • Lens Rectification : Mode untuk menghilangkan Wide effect atau fish eye effect, (yang seperti cembung-cembung itu lho teman) kekurangan nya hasil foto jadi gak lebar..
  • PROBLEM TERMS (istilah untuk masalah-masalah yg ada di yi)
  • Refokus : Kondisi perbaikan dimana biasanya hasil foto yg anda ambil pakai Yi selalu blur atau tidak fokus. cek doc untuk perbaikan nya. Cara CEK : foto di siang hari yang terik, gunakan tongsis untuk membantu, ambil beberapa foto dengan panjang tongsis yg berbeda-beda, jika semua hasilnya blur, maka anda wajib refokus.
  • Blur : Suatu kondisi dimana hasil foto tidak jelas / tajam / kabur / tidak fokus. Perbaikan : waktu ambil foto tangan jangan goyang, pakai tripod, jgn kondisi low light. jika masih berlanjut, mungkin anda perlu refokus.
  • Patah-patah / Lag / laggy : Kondisi dimana waktu live preview di yi camera anda putus-putus, kadang hang. atau waktu putar video hasil yi patah-patah yang disebabkan tidak kuatnya HP anda, atau anda hanya memutar di galerry preview. Perbaikan : Ganti HP ke yang lebih canggih, jangan preview video di aplikasi Yi, karna memang kualitas yg diputar khusus preview (file asli pasti lancar, jika tidak cek Micro SD anda apakah sudah standard Class 10?)
  • Vignette : Kondisi dimana hasil foto kita terdapat bercak / warna hitam di sudut-sudut hasil foto nya. Biasanya yang pake WP suka ada kaya gini.. tapi tidak semua.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "[TIPS & TRICK] Kamus istilah-istilah Xiaomi Yi Camera + Trouble shooting nya"

Post a Comment

Popular Posts

Labels

Blackberry (13) Lenovo (8) Samsung (8) HTC (6) Sony (6) Apple (5) Oppo (5) Nokia (4) Evercoss (3) Harga Tablet (1)