Sayangi Tubuh Anda, 7 langkah Cegah Kanker Sejak Dini

7 Langkah Mencegah Kanker Sejak Dini
Belakangan ini sudah banyak beredar produk-produk herbal yang berasal dari negeri tetangga, dengan penjualannya yang menerapkan sistem jaringan. Dari sini sudah membuktikan bahwa manusia modern sekarang sudah sangat peduli dengan kesehatan. Terlebih di negara-negara maju, perilaku hidup sehat sudah di terapkan guna mencegah timbulnya penyakit Kanker. Gerakan pencegahan penyakit kanker di negara-negara maju memang sangat di genjarkan, karena penderita Kankernya sudah mencapai angka yang tinggi. Dan hari kanker di seluruh dunia di peringati setiap tanggal 4 Februari dan 15 Februari sebagai hari kanker anak sedunia.

Sekilas Tentang Kanker.

Penyakit Kanker adalah penyakit yang timbul akibat pertumbuhan tidak sewajarnya sel jaringan pada tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Kanker bisa menimpa siapa saja tanpa memperdulikan umur. Kanker merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia. (sumber:  pusat data dan informasi informasi kementrian kesehatan RI tahun 2015). Lebih dari 60% kasus baru dan sekitar 70% kematian akibat kanker di dunia setaip tahunnya terjadi di Asia, Amerika selatan dan tengah serta Afrika. Di perkirakan kasus kematian akan terus meningkat dari 14 juta pada tahun 2012 menjadi 22 juta dalam dua dekade berikutnya.

Faktor Penyebab Kanker

Bicara soal sebab, ada kejadian pasti ada penyebabnya termasuk kanker. Kanker di bedakan menjadi beberapa macam, kanker Rahim, kanker usus, kanker Payudara, Kanker paru dan masih banyak lagi jenis kanker lainnya. Lantas apa penyebab Kanker...???? kanker bisa di sebabkan karena faktor Genetik(Turunan), penyebab lainnya karena Faktor Karsinogen, di antaranya yaitu Radiasi, Zat Kimia, Hormon , Virus dan iritasi kronis. Faktor perilaku atau gaya hidup juga di gadang-gadang sebagai penyebab kanker, merokok, pola makan  tidak sehat, terlalu banyak konsumsi alkohol dan kurangnya aktivitas fisik.

7 Langkah Mencegah Kanker Sejak Dini

1. Perbanyak makan sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, serta perbanyaklah makanan yang mengandung serat.  Paling tidak dua atau tiga hari sekali mengkonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan.

2. Hindari berat badan yang berlebihan, penelitian menyebutkan kegemukan atau berat badan yang berlebih resiko terkena kanker lebih besar khususnya kanker payudar*, rahim, usus besar, lambung, ginjal. Pengen sehat rutinlah melakukan kegiatan fisik.

3. Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung gorengan, dan juga mengandung protein dan lemak tinggi.

4. Hindari makanan yang di asinkan, diasap, dibakar hingga gosong. Yang baik adalah konsumsi makanan yang di olah secara di rebus (jawa; digodok).

5. Olahraga yang teratur atau lakukan kegiatan yang menggunakan tenaga fisik.

6.  Hindari merokok, hindari mengkonsumsi minuman yang ber alkohol.

7. Jaga kebersihan makanan, konsumsi makanan organik.

Nikmat yang di berikan Tuhan kepada manusia yang paling mahal harganya adalah nikmat kesehatan, tapi terkadang banyak yang lupa akan hala itu sehingga tidak memperhatikan pola hidup juga pola makan. Kalau sudah sakit parah baru sadar akan pentingnya kesehatan. Semoga artikel 7 Langkah Mencegah Kanker Sejak Dini bermanfaat buat kehidupan sehari-hari. Mulai sekarang mari kita jaga kesehatan tubuh kita masing-masing. Dengan memiliki tubuh yang sehat jiwa pun juga sehat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sayangi Tubuh Anda, 7 langkah Cegah Kanker Sejak Dini"

Post a Comment

Popular Posts

Labels

Blackberry (13) Lenovo (8) Samsung (8) HTC (6) Sony (6) Apple (5) Oppo (5) Nokia (4) Evercoss (3) Harga Tablet (1)